Rabu, 30 Maret 2011

Kelompok Musik dan Kelompok Belajar Sekolah

Yupz... judul di atas sama-sama mengandung makna "dilakkan secara bersama-sama", namanya juga kelompok.
Namun berdasarkan pengalaman saya bergabung di kelompok musik, baik dalam jumlah kecil (grup band), jumlah menengah (chamber orchestra), maupun jumlah besar (maching band), ternyata pengertian kelompok amat sangat berbeda dengan dengan pengertian kelompok belajar di sekolah.
Di sekola, kita dituntut untuk bisa pandai secara individu. Guru seringkali hanya berusaha membuat kita pandai, namun secara individu. Sehingga di sekolah, jika kita pandai, maka kepandaian itu seringkali untuk diri sendiri. Jika ada kelompok belajar pun, terkesan hanya sebagai belajar bersama. Namun kepandaian tetap milik individu, sebagai anugerah Alloh SWT.
Di dalam kelompok musik, yang dimaksud dengan kelompok adalah bagaimana bisa memainkan lagu, komposisi, aransemen dalam satu kesatuan. Maksudnya, dalam kelompok kecil (grup band) misalnya, ada 5 orang, maka kelima orang tersebut memiliki pattern permainan yang berbeda-beda. Nah, dengan bermain musik secara berkelompok, diharapkan akan jadi paduan musik yang terdengar indah dengan harmoni.
Jadi... Jangan pernah Egois dalam bermusik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar