Minggu, 24 April 2011

Belajar Musik, Seimbangkan Otak

Seperti kita ketahui bersama, proses belajar mengajar di Indonesia adalah proses belajar yang menuntut siswa harus bisa membaca, berhitung, menghafal. Hanya mengasah kemampuan otak kiri. Kebanyakan seperti itu. Sehingga lulusan sekolah Indonesia menjadi lulusan yang pintar, namun tidak cerdas. Cerdas menurut saya, lebih bersifat imajinatif. Jadi harus diasah dengan menggali imajinasi lebih dalam.

Belajar musik, bisa meningkatkan daya imajinasi, sebab mengasah kemampuan otak kanan. Pengalaman saya sebagai insruktur marching band, ketika saya menangani pemain - pemain yang merupakan anak sekolah, rata - rata dari mereka mempunyai daya sosialisasi dan kemampuan belajar yang meningkat ketika mereka mengikuti kegiatan marching band selain kegiatan belajar di sekolah.

Dalam konteks pendidikan di Marching Band, dengan jam latihan yang begitu panjang durasinya, pemain dituntut untuk bisa saling memahami teman - temannya satu sama lain. Kesolidan harus tetap terjaga, terbukti jika 1 melakukan permainan yang kurang tepat, maka pemain yang lain pun juga akan ikut terganggu.
Baca juga: Sejarah Marching Band

Tidak ada komentar:

Posting Komentar