Cari Blog Ini

Memuat...

Selasa, 26 April 2011

Drum Band Usia TK

Mempelajari musik mulai sejak usia dini merupakan sebuah kesempatan yang luar biasa. Dengan belajar sejak kecil, maka keseimbangan otak akan terasah lebih maksimal.
Drum Band sebagai kegiatan favorit pada kebanyakan Taman Kanak - Kanak, memberikan sumbangsih yang secara tidak langsung begitu besar bagi kemajuan si anak. Drum Band di Taman Kanak - Kanak, mengasah kemampuan motorik serta kemampuan berpikir baik otak kanan maupun otak kiri. Hal ini yang amat sangat berpengaruh pada perkembangan jiwa anak secara positif nantinya.
 
 Pada permainan instrument (alat musik) perkusi atau alat pukul, si anak dituntut untuk bisa menggerakkan secara seimbang, tangan kanan dan tangan kiri. Seperti kita ketahui bersama, bahwa otak kanan mengendalikan bagian tubuh sebelah kiri, sedangkan otak kiri mengendalikan bagian tubuh sebelah kanan.
 
Mungkin si anak belum memahami, bagaimana membaca not balok, bagaimana bermain sesuai dengan tempo. Tetapi mereka bisa memainkan secara bersama - sama dengan tempo yang seragam, serta dengan pattern pukulan yang berbeda - beda. Nah inilah yang membuat nilai tambah dari kegiatan drum band. Imajinasi anak dituntut untuk berkembang, karena usia anak - anak merupakan usia yang bagus untuk berimajinasi.
 
Selain itu dari sisi sosial, dengan bermain bersama - sama dan berusaha menyamakan dengan teman - temannya, si anak secara tidak langsung belajar tentang bagaimana bersosialisasi, bagaimana dia bisa mengkoreksi temannya yang salah, nah jiwa - jiwa pemimpin bisa dilihat dari cara hubungan dnegan teman - temannya.
 
Beberapa Taman Kanak - Kanak menggunakan alat musik tiup dalam kegiatan Drum Band. Hal ini memiliki nilai positif juga. Riset menunjukkan bahwa musik klasik yang diperdengarkan pada anak - anak, mampu merangsang perkembangan otak secara positif. Musik klasik yang lembut dan instrument yang digunakan biasanya adalah string (dawai) dan woodwind (alat tiup kayu). 

Anak - anak TK yang mulai memainkan instrument tiup kayu seperti pianika atau recorder, berarti dia belajar untuk mengasah imajinasi, keseimbangan otak, seta belajar untuk mengatur emosi. Sebab, bermain pianika atau recorder, memerlukan nafas hangat yang berarti dalam teknik meniupnya diperlukan kontrol emosi yang cukup kuat.
 
Pada tulisan - tulisan mendatang, insya Alloh akan ditulis tentang teknik dasar bermain nstrument perkusi dan instrument tiup untuk usia TK.

8 komentar:

  1. ya, saya juga tau mas kalo drum band usia tk memiliki banyak manfaat buat si anak. hanya saja saya menyayangkan bisnis di balik drum band tk. hahaha

    BalasHapus
  2. sayang tidak semua orang mengerti akan semua ini mas...

    BalasHapus
  3. Setuju sama semuanya,, cuman kalo diliat2 lagi, memang pihak sekolah dan diknas juga mempunyai peranan penting untuk pendidikan / kurikulum musik sejak dini..
    kalo sekolah cuman pengen latihan 1 atau 2 bulan untuk lomba saja, pasti aja jadi banyak bisnis dibalik ini,, tujuan pendidikannya jadi hilang,,
    maaf, kebanyakan komen,, tapi kurang lebih setuju sama mas hendri, yg penting niat baik, tulus, ikhlas, jadi daging buat saya.. :)

    BalasHapus
  4. sama aja bisnis drum band tingkat tk sd smp sma perguruan tinggi, atau umum tinggal kitanya aja niatnya , akan keliatan pelatih yg ngejar materi aja atau pelatih yang ingin mendidik anak anak indonesia lebih baik, biasanya pelatih yg ngejar materi aja gak lama melatihnya di unit tk sd smp atau umum paling lama satu tahun atau kurang, kalu pelatih yg tulus ikhlas melatih dan beramal ilmu yg dimilikinya Insya Allah bisa lebih lama tinggal niatnya aja, kalau yg disorot drum band tk berarti gak adil dong,santai aja mas hendry , yg komentar gak enak biasanya gak bisa nglatih tk

    BalasHapus
  5. brafo buatTK ABA REJODANI........

    BalasHapus
  6. tingkatkan terus music drumband agar tetap lestari makasih webnya bermanfaat

    BalasHapus
  7. Wah...keren.. blognya
    artikelnya juga bermanfaat.
    Saya juga punya sebuah blog yang banyak membahas tentang dunia anak=anak
    Khususnya lagu anak. Ada 80an lagu anak karya saya di sana
    Kunjung balik ya... di http://lagu2anak.blogspot.com
    Salam kenal

    Kak Zepe

    BalasHapus