Selasa, 26 April 2011

Latihan Dasar Perkusi (Drum) usia TK

Teknik Pemainan Perkusi untuk kelompok drum band Taman Kanak - Kanak, khususnya instrument drum seperti Snare drum, toms, dan bass drum, sebenarnya tidak jauh berbeda dengan tkknik permaina drum pada dewasa.

Ajarkan teknik memegang stick, atau gripping jenis match grip. Grip ini lebih mudah dipelajari, karena cara memegang stick kanan dan stick kiri, sama (seperti pada gambar berikut). Jika si anak mempunyai kemampuan lebih, bisa diajarkan teknik traditional grip.



Kebanyakan dari kita, saat mengajarkan sesuatu kepada anak usia TK, maaf, meremehkan kemampuan anak TK. Padahal, daya tangkap mereka sebenarnya jauh lebih tinggi daripada kita. Jadi jangan kuatir untuk memberi mereka materi teknik yang benar. Asal dilakukan dengan cara komunikasi yang tepat.

Pattern pertama yang bisa diajarkan kepada anak usia TK adalah pattern not 1/4. Bisa dimainkan dengan 4 pukulan kanan dan 4 pukulan kiri. 


Atau 8 pukulan kanan dan 8 pukulan kiri.


Kemudian secara bertahap, mulai dikenalkan pattern double stroke, atau 2 kanan dan 2 kiri.


Catatan:  
  • R berarti Right atau kanan
  • L berarti Left atau kiri

Latihlah dengan tempo yang konstan untuk membiasakan permainan mereka. Ingat, memori otak anak usia TK jauh lebih tajam ketimbang orang dewasa. Namun memori otot, perlu pembiasaan. Dengan berlatih tempo konstan, berarti melatih emosi si anak untuk tetap dalam kondisi terkontrol, dan melatih jiwa kebersamaan terhadap teman - temannya.

4 komentar:

  1. hehehe..
    sulit tau ngajarin anak TK drumband.,
    belum lagi klo ngambek atau moodnya..
    ckckckck...

    BalasHapus
  2. bener juga,
    pe..

    dngn ad y, post ne.. kn lbih mudh mncri cra" na..
    hehe.....

    BalasHapus
  3. lanjuuuuut,,, cuma segitu latihannya,,, kombinasi bas, senar, triol, n simbal,,,, mau dong dibagi

    BalasHapus
  4. aku pengen praktik buat melatih ank sd gimana ya,,,, yang sederhana kaya gini juga. alat yang aku punya 3 balera, 1 triol, 6 senar, 3 bas

    BalasHapus