Jumat, 29 April 2011

Pianika Untuk Junior #2

sambungan dari artikel sebelumnya

 
Ketiga: Latihan not - not panjang

Latihan ini bisa dilakukan dengan cara meniup salah satu nada saja pada pianika, dengan fokus kepada konstan tiupan yang dilakukan (tidak melemah dan tidak menguat). Ketika melakukan latihan ini, pastikan bahu (pundak) pemain tidak terangkat posisinya saat dia mengambil nafas. Jika terangkat, maka pemain harus dikoreksi, karena dia menggunakan nafas dada, bukan nafas perut.

Mungkin si anak belum mengerti beda nafas dada dan nafas perut, sehingga kita sebagai pelatih mungkin bisa mengajari si anak bermain pianika dengan istilah, "ketika tarik nafas, pundak harus tetap, perut digembungkan"

Berikut latihan not - not panjang untuk pianika

  • 8 ketuk (1 jari)

  
  • 8 ketuk (2 jari)

  • 8 ketuk (3 jari)





Keempat: Fingering (penjarian)
Setelah bisa memainkan not - not panjang, langkah selanjutnya adalah belajar fingering atau penjarian. pada pianika. Idealnya, latih semua jari tangan kanan, mulai dari ibu jari, jari telunjuk, jari tengah, jari manis, dan jari kelingking. Hal ini untuk melatih jangkauan nada, selain itu juga untuk mengasah otak si pemain.

Berikut latihan - latihan penjarian, simbol yang digunakan adalah + (ibu jari), 1 (jari telunjuk), 2 (jari tengah), 3 (jari manis), dan 4 (jari kelingking)

  • Latihan 1



  • Latihan 2

Yupz, semoga artikel tentang bermain pianika khusus untuk usia Taman Kanak - Kanak di atas bermanfaat bagi Anda  yang sekarang ini jadi pelatih drum band / marching band di tingkat Taman Kanak - Kanak. Artikel ini tentunya masih banyak kekurangan, jadi mohon komentarnya dengan mengisi kolom di bawah ini ya... Terima kasih saya khusus untuk Anda para pengunjung.

3 komentar:

  1. shyiiph..dtunggu perkembangannya dari pondasinya dulu..menuju ke pilar..

    BalasHapus
  2. bagus mas.....dan saya tunggu lanjutannya.

    BalasHapus
  3. Terima kasih untuk mas dhofir & mas aan, yang telah komentar di sini. Harapan ke depan, mas dhofir dan mas aan bisa meyumbangkan tulisan-tulisannya.

    BalasHapus