Minggu, 01 Mei 2011

Bagaimana Memunculkan Ide Arransemen? #1

Arransemen lagu memerlukan modal utama, yaitu imajinasi. Hal ini berlaku untuk membuat arransemen untuk semua kalangan. Saya ingin menulis tentang arransemen ini, ditujukan untuk sahabat - sahabat Saya, teman - teman Saya, serta orang - orang yang telah berjasa buat Saya, terjun di dunia musik, khususnya dunia Marching Band.



Beberapa kali saya pernah dan hampir rutin untuk didaulat menjadi juri musik pada beberapa kejuaraan lokal marching band / drum band, baik drum band TK, SD, maupun SMP/SMA, di Yogyakarta dan Jawa Tengah. Namun beberapa kali dan hampir sering kali saya menemui arransemen musik yang dimainkan oleh tim drum band tersebut, terkesan monoton, tanpa alur, hanya bermain datar - datar saja dengan iringan musik yang bisa membuat kita dalam kondisi trance.

Pernahkan Anda mengendarai kendaraan, melewati jalan yang lurus, mulus (seperti di jalan tol), kemudian kecepatan konstan? Jika pernah, lama kelamaan pasti Anda merasakan sebuah kondisi seperti mengantuk, pikiran mulai melayang, seperti terhipnotis. Biasanya Anda mulai sadar (bahwa Anda mengendarai kendaraan di jalan tol), pada saat ada kendaraan yang mendahului Anda, atau membunyikan klakson, atau ketika melewati jalan yang memang dipasang pengejut (seperti polisi tidur).



Keadaan mengantuk itulah yang disebut dengan kondisi trance (atau tidak sadar). Sama juga dengan musik, jika Anda mendengarkan musik dengan tempo konstan, ritmis yang monoton, dan volume suara yang tetap, kondisi ini menyebabkan pendengar tidak fokus terhadap musik tersebut. Arransemen yang bagus adalah arransemen di mana pendengar bisa selalu fokus memperhatikan musik Anda. di dalam marching band, pagelaran biasanya dibatasi maksimal selama 12 menit. Nah, 12 menit itulah, kreatifitas arranger, dan koreografer dituntut untuk membuat fokus penonton, seperti memunculkan pertanyaan, "Wah, setelah ini, kira - kira bakal ada apa lagi ya?"

Memunculkan ide arransemen, sama seperti dengan memunculkan imajinasi. Berikut sedikit tips berdasarkan pengalaman pribadi Saya jika membuat arransemen lagu:

  • Mencari Tempat Yang Kondusif
Macam - macam tempat yang dianggap sebagai tempat yang kondusif untuk berimajinasi. Bisa di toilet, di tempat sepi, di kamar, di tempat yang ramai, dan lain sebagainya. Termasuk di sini, Ide bisa muncul kapan saja, jadi selalulah menggap bahwa semua tempat kondusif untuk Anda.

Para pembaca ditunggu komentarnya ya... Silakan isi kolom komentar di bawah ini... terima kasih,

3 komentar:

  1. shyiiph..tetep berkarya..gak sabar nunggu sambungannya..

    BalasHapus
  2. nice mas. tapi aku lebih suka ngbrol langsung sama kamu. :p

    BalasHapus
  3. wih keren, bener2 blog pecinta musik sejati nih
    salam kenal sob :)

    BalasHapus