Jumat, 06 Mei 2011

Bagaimana Memunculkan Ide Arransemen? #3

Mohon maaf bagi pengunjung - pengunjung sekalian yang sudah nunggu - nunggu sambungan artikel "Bagaimana Memunculkan Ide Arransemen"

Nah... Lanjut ya Gan...
Setelah di bagian pertama menampilkan 'mencari tempat kondusif' dan di bagian kedua menampilkan 'tulis ide Anda' dan 'Wujudkan dalam bentuk notasi'.
Di sini, yang akan Saya tayangkan, menurut pengalaman pribadi Saya, yaitu;

Semua ide yang muncul di kepala Anda (seperti iklan softdrink), tulis saja dalam bentuk notasi balok yang sudah berupa lagu. Jangan pikirkan tentang bagaimana jangkauan nada yang bisa dimainkan alat yang akan digunakan. Pokoknya tulis saja... Tulis saja sesuai dengan idealisme dan keinginan Anda. Puaskan diri Anda untuk  menulis lagu sesuai keinginan Anda.
Jika memang harus dibuat sulit, tulis saja...
  • Perbaiki Harmoni
Setelah ditulis sesuai dengan keinginan Anda, langkah selanjutnya adalah cek harmoni lagu. Chord yang digunakan, jangkauan nada (register alat).
  • Sesuaikan dengan kemampuan pemain
Pattern (pola) yang sudah ada, harus disesuaikan dengan kemampuan pemain. Misal pemain yang hanya sanggup main not 1/8, tentunya kesulitan jika diminta main not 1/16.
Jika pemain belum bisa main alat tiup dengan nada tinggi, perbaiki not - not yang menggunakan nada tinggi, transpose ke not yang terjangkau, namun tidak mengurangi nuansa lagu Anda.

Alhamdulillah.... Kelar sudah berbagi tips tentang arransemennya. Cuma, yang sudah saya tulis, semuanya berdasarkan pengalaman pribadi lho...
 
Tapi tetap saja... Saya mengaharapkan komentar - komentar dari temen - temen sekalian para pengunjung blog.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar