Sabtu, 13 Agustus 2011

Bermain SOLFES bersama aplikasi "GNU Solfege"

GNU Solfege merupakan aplikasi komputer yang menyajikan semacam tes kemampuan mendengar musik, yang disebut dengan "Solfege" atau dalam bahasa Indonesia dkenal dengan istilah "SOLFES". Di dalam Kamus Musik - Pono Banoe, Solfege atau Solfes berarti metode latihan pendengaran, berupa baca absolut: misal C adalah do, maka G adalah sol. Solfege mempunyai istilah asli Solfeggio (dinyanyikan dengan cara solmisasi: do-re-mi-fa-sol-la-si-do atau dengan suku kata terbuka/vokal).

Dengan aplikasi GNU Solfege, pendengar diajak untuk berlatih menebak hal-hal yang berhubungan dengan suara musik/nada. Misal jika memilih salah satu aplikasi "Chord in Root Position", maka pendengar akan diajak untuk menebak, apakah suara chord yang keluar dari speaker merupakan chord mayor atau chord minor. Ada banyak sekali pilihan tebak-tebakannya, ada "Intervals", "Chord", "Scale", "Theory", dan "Misc".

GNU Solfege yang digunakan oleh penulis adalah "solfege-win32-3.16.0.exe". Untuk memperoleh aplikasinya, Anda bisa searching di Google dengan mengetikkan "solfege-win32-3.16.0.exe" atau bisa dengan klik pada link berikut

Cara menginstall aplikasi ini pada komputer, cukup mudah, tinggal klik tampilan berekstensi *.exe seperti pada gambar di atas, kemudian ikuti perintah yang ada, maka aplikasi GNU Solfege sudah bisa digunakan.

Selamat Bersenang-Senang dengan SOLFES...

Jangan lupa isi komentarnya ya... :)

5 komentar:

  1. aplikasi yg sama kwluaran sibelius jg ada... namanya Auralia...

    BalasHapus
  2. shiep bisa buat belajar....Tx..
    Req mas, bagi tips cara bikin lagu...? ^^

    BalasHapus
  3. mo ujian solfes ne....
    semoga aplikasi ne bisa membantu...

    BalasHapus