Selasa, 19 Maret 2013

Anak usia TK pun bisa bermain 4 mallet


Tulisan ini murni berdasarkan pengalaman saya pribadi selama menjadi music instructor baik untuk usia dewasa maupun junior (TK dan SD). Ada beberapa hal menarik yang saya temui ketika saya mengajar anak TK bermain keyboard percussion, salah satunya adalah ternyata anak kecil lebih cepat paham untuk bisa bermain 4 mallet daripada usia dewasa. ok, bukan bermaksud mengesampingkan skill pemain dewasa, berikut saya share pengalaman ketika saya menangani anak kecil bermain keyboard percussion.

Sebenarnya ide untuk mengajari anak TK bermain 4 mallet adalah karena lebih dari saya merasa jenuh dengan situasi dan kondisi di mana terkesan bahwa anak kecil HANYA bisa bermain lagu sederhana dengan 2 mallet (1 di kanan, 1 di kiri). Kemudian saya iseng untuk bertanya kepada anak didik saya, "adek, bisa main 4 mallet seperti yang bapak mainkan?" (sembari saya menunjukkan cara bermain 4 mallet). Jawaban yang terlontar sudah bisa ditebak, "Tidak bisa pak...", sambil dia gelengkan kepalanya.

Namun ketika saya ajari dengan pemahaman yang menurut saya dia paham, si anak tersebut bisa memainkan 4 mallet tersebut dalam waktu singkat. Bahkan untuk hanya bermain blocking chord, hanya perlu waktu kurang dari setengah jam untuk menyelesaikan lagu yang dimainkan.

SO, anak kecil aja bisa, yang dewasa pasti lebih hebat.

kontak penulis via FB: Hendri C. Wibowo

Tidak ada komentar:

Posting Komentar