Minggu, 01 Februari 2015

Power Chord Dalam Musik



Kira-kira apa itu power chord dalam musik ? Menurut Kamus Musik – Pono Banoe, Chord dijelaskan sebagai berikut:
"CHORD – Akord. Paduan beberapa nada yang dibunyikan bersamaan paling sedikit terdiri dari 3 nada."

Power Chord sendiri adalah nada pertama dan kelima yang dibunyikan secara bersamaan (menurut wikipedia).

Power chord biasanya digunakan oleh musisi rock yang biasanya untuk menimbulkan efek distorsi, dimainkan pada String 4-5-6.
chord-a-day.blogspot.com

Namun sebenarnya tidak hanya digunakan pada musik rock, namun bisa juga digunakan untuk jenis musik lain, yang biasanya digunakan dalam instrument bernada rendah (bass), seperti Timpani, Low Marimba, Tuba, Cello, Contrabass, atau instrument yang menggunakan Clef (Daun Kunci) F.

Mengapa demikian, jika pada instrument Clef F, memainkan chord lengkap (3 nada dibunyikan bersama-sama), misal Chord C, maka harus memainkan nada C-E-G bersamaan. Yang terjadi suara chord terdengar tidak jelas alias blur. Hal itu terjadi karena jarak nada yang dimainkan terlalu berdekatan untuk frekwensi rendah. Sehingga Power Chord adalah solusi yang tepat untuk memainkan chord pada instrument ber-Clef F tanpa mem-blur-kan suara yang dimaksud.


Cara memainkan Power Chord adalah dengan cara hanya memainkan nada ke-1 dan nada ke-5 dari chord yang diinginkan, baik Chord Mayor, maupun Chord Minor. Karena baik chord mayor maupun chord minor hanya berbeda pada nada ke-3, maka Power Chord bisa dimainkan pada chord mayor maupun chord minor.



Catatan pendukung

Selamat bereksperimen dengan Power Chord Dalam Musik

3 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  2. Oh jadi namanya power chord ya teknik yang biasa dipake gitaris musik rock

    BalasHapus