Minggu, 09 Agustus 2015

Peranan Xylophone dalam musik Marching Band

Saat kita melihat pertunjukan Drum Band/Marching Band, seringkali kita menemukan mayoritas instrument melodis yang digunakan adalah Bells atau Marching Bells (disandang). Namun ada juga kita menemukan tim Marching Band yang menggunakan instrument dengan karakter suara kayu seperti halnya Xylophone atau bahkan Marimba, tetapi yang kebanyakan digunakan adalah Xylophone, nah seberapa besar peranan xylophone dalam musik Marching Band?
Nah, sekarang kita bahas kegunaan Xylophone dalam sebuah komposisi musik Marching Band.

Sebenarnya tidak ada yang istimewa dalam penggunaan Xylophone daam sebuah pagelaran Marching Band. Karena cara memainkannya pun sama seperti cara memainkan bells, sama seperti instrument perkusi melodis lainnya, yaitu dengan cara dipukul.
Yang membuat istimewa adalah, saat Xylophone dipadukan dalam aransemen lagu yag dimainkan tim Marching Band, maka frekwensi lengkingan logam menjadi berkurang, sehingga harmonisasi musik terwujud lebih indah. Kemudian karakter khas suara kayu juga terdengar enak di telinga.
Di pasaran, tersedia banyak sekali macam Xylophone. Sesuaikan range (rentang nada) yang digunakan dalam pagelaran, dengan kemampuan pemain, serta sesuaikan dengan kebutuhan ukuran Xylophone.
Xylophone yang beredar di pasaran dewasa ini tidak hanya produksi luar negeri seperti Belanda, Amrik, bahkan China, namun Indonesia sendiri pun juga sudah bisa memproduksi sendiri dengan kualitas wahid.
Produsen dengan bendera MADAYO contohnya.

Sudah beberapa kali membuat Xylophone dengan berbagai ukuran, mulai ukuran 3,5 oktaf kemudian 2 oktaf, serta 1 oktaf. Untuk Xylophone ukuran 1 oktaf ini khusus diperuntukkan untuk keperluan Parade. Karena biasanya parade menggunakan instrument Bells.
Xylophone MADAYO ini mempunyai karakter suara yang cukup tebal dan memiliki material kayu yang terjamin. Yang paling penting, tuning bilah dan tuning tabungnya, OK
Yang pengen tau, silakan kunjungi aja www.madayomallet.com dan segera buktikan seberapa besar peranan xylophone dalam musik Marching Band

Tidak ada komentar:

Posting Komentar