Senin, 07 September 2015

Merawat Instrumen Perkusi Melodis (bagian 1)

Instrumen perkusi melodis seperti Marimba & Vibraphone merupakan salah satu dari sekian banyak instrument musik yang memerlukan perawatan ekstra. Perawatan yang kurang tepat bisa-bisa membuat usia instrumen perkusi melodis tersebut menjadi kurang awet.
Perawatan yang tepat pastinya membuat tuning instrument lebih terjaga (biasanya instrument yang sudah berumur lama mengalami penurunan laras nada atau tuningnya turun).
Berubahnya tuning instrument tentu saja akan membuat si pemain perkusi yang bersangkutan akan kurang nyaman dalam menyajikan permainan.
Instrument perkusi melodis sering juga disebut keyboard percussion, karena bentuknya memang sama seperti susunan tuts-tuts keyboard. Keyboard percussion memiliki material penyusun dari kayu dan logam.
Marimba & Xylophone merupakan instrument perkusi melodis dengan material penyusun dari kayu. Sedangkan Vibraphone dan glockenspiel adalah instrument perkusi melodis dengan material penyusun dari logam.
Di dalam dunia Marching Band, perawatan untuk instrument perkusi melodis memang gampang-gampang susah. Mengingat kondisi latihan marching band tidak selalu berada di dalam ruangan, namun lebih sering di area terbuka, seperti di tanah lapang. Otomatis dengan kondisi tersebut, instrument perkusi melodis minimal tentunya lebih cepat terkena debu. Kondisi tersebut itulah yang membuat instrument menjadi rentan rusak.

(Read this article in English version)

Di dalam artikel ini akan dibahas bagaimana merawat instrument perkusi melodis guna memperpanjang usia instrument. Perawatan instrument melodis di sini akan dibagi menjadi 2 (dua) macam, yaitu perawatan instrument melodis untuk material kayu dan perawatan instrument melodis untukmaterial logam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar