Selasa, 08 September 2015

Merawat Instrumen Perkusi Melodis (bagian 2)

-Perawatan Instrument Perkusi Melodis Material Kayu-

Beberapa instrumen perkusi melodis (keyboard percussion) dengan material dasar (material bilah) dari kayu, antara lain Marimba dan Xylophone.


Instrument dengan material dasar kayu, amat sangat rentan dengan air. Jika tidak dirawat dengan sebaik-baiknya, maka instrument perkusi melodis seperti Marimba dan Xylophone akan cepat mengalami kerusakan pada bilah (bars), biasanya dimulai dengan mengelupasnya kulit bilah, kemudian muncul serabut-serabut, sehingga pada akhirnya suara yang dihasilkan tidak lagi sejernih ketika kondisi bilah masih bagus, namun semakin "mati" dan pitch-nya berubah menjadi turun.
Kondisi ini tentu saja akan membuat telinga tidak nyaman untuk mendengarkan permainan pada instrument tersebut.

Berikut beberapa hal yang sebaiknya dilakukan agar keawetan bilah (bars) bisa lebih lama:

  1. Simpan selalu instrument dalam keadaan tertutup & kondisi bilah kering.
  2. Bersihkan/lap instrument jika bilah (bars) dalam keadaan basah. Keadaan basah bisa karena ketumpahan air, terkena embun, maupun terkenan hujan.
  3. Gunakan lap yang berbeda dengan fungsi untuk membersihakan bilah, dan untuk membersihkan tabug beserta rangka.
  4. Tabung Marimba & Xylophone dibersihkan dengan cara menyemprott bagian dalam tabung resonator, hingga kotoran-kotoran di dalam tabung keluar semua. Kebersihan bagian dalam tabung juga berpengaruh pada kejernihan suara pukulan yang dihasilkan nantinya.
  5. Hindari membersihkan bilah (bars) dengan menggunakan cairan pembersih perabot kayu, karena cairan tersebut bersifat mengikis lapisan kayu (merusak tuning)
  6. Pastikan tabung yang tadi sudah dicuci , benar-benar kering sebelum dirakit lagi.

foto: www.madayomallet.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar