Kamis, 08 Oktober 2015

bagaimana bermain timpani

Teman-teman, berikut tulisan saya tentang bagaimana bermain timpani. Maksudnya apa ini? Nah masih ingat dengan artikel-artikel saya sebelumnya yang membahas tentang bermain timpani? Ini artikel lanjutannya. Kalau di artikel saya sebelumnya ditulis tentang 2 syarat yang harus dikuasai untuk bisa bermain timpani, yaitu menguasai instrument ritmis & menguasai instrument melodis, maka di artikel ini adalah syarat ketiga. Apa itu? Adalah memiliki kemampuan pendengaran yang baik.

Memiliki kemampuan pendengaran yang baik apakah bisa dibilang memiliki telinga? Sudah jelas. Namun yang perlu ditekankan di sini adalah kemampuan telinga dalam akurasi tuning nada. Timpani adalah instrument dengan membran yang bisa diatur nadanya. Nada pada timpani adalah nada-nada bawah (bass), jadi perlu kemampuan tuning yang baik (baca: mendengar) untuk bisa memainkan nada yang tepat.

Khusus untuk timpani extended, maka tinggi rendah nada diatur dengan pedal. Kaki yang atur pedal, kemudian fungsi telinga di sini adalah untuk memastikan nada yang tepat yang akan dimainkan (baca: dipukul).

Bagaimana cara melatih kemampuan mendengar? MUDAH.
  1. Dengarkan suara-suara di sekitar Anda (jika susah konsentrasi, bisa dilakukan dengan mata tertutup. Jadi hanya fokus pada telinga/pendengaran).
  2. Fokus pada satu jenis suara. Untuk awal, silakan fokuskan pada suara yang memiliki variasi nada lebih dari 2. Misal suara kicau burung, kucing mengeong, orang berteriak, dll
  3. Tirukan suara yang Anda dengar, persis beserta frekwensi nada yang Anda dengar dan termasuk panjang pendeknya suara yang Anda dengar tiap nada.
  4. Jika sudah mulai mahir, tirukan suara ritmis juga, seperti klakson kendaraan bermotor (mulai dari sepeda motor, mobil, & kendaraan besar), suara mangkok nada panggil yang dimainkan oleh tukang bakso, dan banyak lagi.
Latihan di atas berguna untuk melatih solfage yang pasti berkaitan dengan akurasi nada yang didengar, serta pattern/pola yang dimainkan (panjang pendeknya nada). Berikut aplikasi untuk belajar solfage (solfes).


(Read this article in English version)

Nah, tentunya sekarang teman-teman semakin paham bagaimana bermain timpani

Tidak ada komentar:

Posting Komentar