Selasa, 13 Oktober 2015

belajar perkusi belajar power

Judul di atas mungkin merupakan rangkuman diskusi saya dengan teman-teman pelatih Marching Band yang kebetulan bertemu. Belajar perkusi belajar power, adalah kalimat yang pas menurut saya.
Seringkali sebagai pelatih perkusi (khususnya pit instrument), kita kesulitan membangun permainan dengan dinamika yang sesuai keinginan. Salah satu sebabnya adalah mungkin karena si anggota, atau si murid belum kita ajari untuk berani memukul alat. Ketika sudah diahadapkan dengan dinamika permainan yang mengharuskan bermain dengan volume besar, si pemain terkesan kurang mampu.
Solusi yang mungkin bisa diterapkan adalah mengajarkan pemain untuk berani memukul ketika masih di masa-masa awal belajar pit instrument.

Berdasarkan pengalaman penulis saat mengajar, cara tersebut lebih efektif untuk membentuk karakter si pemain dan untuk mengeluarkan karakter instrument saat bermain. Keuntungan yang kedua adalah, pemain tidak perlu lagi susah untuk bermain dengan volume kecil, karena sudah terbiasa dengan pukulan dengan power tinggi. Kebanyakan beranggapan bahwa kalau dipukul dengan power besar akan merusak instrument. Para pembaca yang budiman, jika berpikir seperti itu, mending instrumennya dibungkus aja deh, biar awet, he..he..he..


Jadi, untuk teman-teman yang mungkin baru awal-awal belajar pit instrument, pastikan berani untuk memukul. Tanamkan belajar perkusi belajar power

Tidak ada komentar:

Posting Komentar