Sabtu, 03 Oktober 2015

Merawat Instrumen Perkusi Melodis (bagian 3)

-Perawatan Instrument Perkusi Melodis Material Logam-

Merawat instrumen perkusi melodis berbahan dasar logam seperti Vibraphone, glockenspiel, marching bells, dan bellyra tidak bisa sembarangan dilakukan. Penggunaan cairan pembersih logam adalah merupakan hal yang paling buruk untuk dilakukan. Mengapa?
Karena cairan tersebut akan mengikis bilah-bilah perkusi melodis. Kalo hanya dibersihkan sekali dua kali mungkin pengikisan tidak terlalu parah. Tetapi jika dilakukan secara berkala, maka dipastikan bilah akan semakin tipis jika dibandingkan dengan sebelum dibersihkan. Jika semakin tipis, maka bilah akan fals karena tuning nada berubah.

Nah, bagaimanakah cara merawat instrumen perkusi melodis untuk instrumen berbahan dasar logam?
  1. Selalu jaga bilah dalam kondisi kering saat cuaca dingin.
  2. Selalu lindungi bilah dari sinar matahari langsung atau di bawah terik matahari.
  3. Gunakan kain lembut untuk mengelap bilah.
  4. Hindari memegang bilah langsung dengan tangan biasa (agar lembabnya tangan tidak membuat bilah jadi lebih cepet untuk segera berkarat).
Perawatan bilah yang asal-asalan akan menyebabkan kerusakan pada bilah itu sendiri, misal patah. Walaupun faktor cuaca juga berpengaruh seperti yang pernah saya alami, ketika mendampingi tim Marching Band untuk kejuaraan di Kuala Lumpur. Saking panasnya cuaca di Kuala Lumpur saat itu, lebih tepatnya di kota Johor Bahru, bilah vibraphone patah. Contoh patah bilah macam-macam:
So, rawatlah instrument Anda sebaik mungkin, itulah cara Merawat Instrumen Perkusi Melodis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar