Kamis, 15 Oktober 2015

musik tradisional nusantara indonesia perkusi

Perkusi merupakan instrument dasar yang digunakan oleh musik etnik di Indonesia, jadi kali ini saya ambil judul musik tradisional nusantara indonesia perkusi. Mulai dari ujung barat hingga ujung timur Indonesia, setiap musik etnik pasti ada unsur instrument perkusi.
Instrument perkusi adalah instrumen yang dimainkan dengan cara dipukul, pengertian mudahnya seperti itu, jika teman-teman mungkin belum tahu. Perkusi yang digunakan bermacam-macam, mulai dari yang bernada hingga yang tak bernada. Mulai dari berfungsi sebagai ritmis, hingga yang berfungsi sebagai melodis. 
 
Saya ambil contoh Gamelan. Perangkat instrumen ini dimiliki oleh beberapa etnis di antaranya Jawa, Sunda, Bali. Walaupun memiliki karakter yang berbeda masing-masing etnik, namun secara umum perkusi yang digunakan adalah kendang dengan berbagai ukuran untuk menghasilkan berbagai macam nada (termasuk jika beda cara memukulnya), kemudian ada juga instrument melodis yang terbuat dari logam kemudian dilakukan proses tuning (penyetelan nada). Salah satu yang membedakan antar etnik tersebut adalah jarak nada yang digunakan (skala/scale)
.
Berbeda jawa sunda bali, berbeda pula di Sumatera. Talempong contohnya. Kemudian di bagian timur Indonesia, instrument yang bernama Tifa & Fu. Dan masih banyak yang lainnya.

Indonesia begitu banyak budaya, salah satunya budaya perkusi juga begitu banyak macamnya. Bahkn pada perhelatan tahunan WGI 2015 di USA, salah satu band membawakan pagelaran dengan mengusung unsur tari Kecak dari Bali. Tari kecak ini unik karena menyanyikan ritmis dengan mulut, dengan berbagai macam pola.

 Berikut video dari tim RCC pada saat WGI 2015. silakan cek di menit ke 04:09



Jadi tidak salah jika saya menulis musik tradisional nusantara indonesia perkusi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar