Minggu, 11 Oktober 2015

pemanasan bermain pit instrument

Bagi teman-teman yang bergabung di Marching Band, khususnya Pit Instrument, biasanya sering timbul pertanyaan, yaitu tentang apa saja yang dimainkan saat pemanasan bermain pit instrument. banyak yang beranggapan bahwa pemanasan bermain pit instrument, semakin rumit dibilang semakin hebat. Menurut saya hal itu kurang tepat. Esensi dari pemanasan adalah melemaskan otot-otot tangan sebelum bermain serta persiapan mental terhadap adaptasi alat agar tidak terjadi hal0hal yang diinginkan selama show atau selama latihan. Misalkan cedera otot, kram, tiba-tiba kaget dengan kondisi alat, dan lain sebagainya. Jadi, pemanasan bermain pit instrument, apa saja?
Hal ini yang biasanya dilakukan oleh penulis, baik saat mengajar maupun untuk persiapan show bersama tim ensemblenya.
Jika pemanasan dilakukan sendiri, bermainlah dengan tempo yang paling nyaman dan lakukan dengan stabil. Tempo konstan. Jika pemanasan dilakukan bersama-sama, lakukan juga dengan tempo konstan yang bisa dirasa nyaman untuk semua. Lakukan pemanasan hingga otot tangan terasa sedikit hangat. Namanya juga pemanasan, jadi harus terasa perubahan suhu di otot lengan.
Lakukan pemanasan double stops, atau memukul dengan kedua tangan. Hal ini berguna untuk ngecek power pukulan (selalu lakukan dengan full stroke), ngecek ketinggian mallet/stick yang dimainkan (pastikan tinggi pukulan selalu sama), kemudian untuk ngecek bobot pukulan (terdengar dari sound production volume yang dihasilkan).
Kemudian dengan power, tinggi, dan bobot pukulan yang sama, lakukan pemanasan single stroke. Banyak macamnya, asalkan tangan bergantian gerakan pukulnya.
Lakukan pemanasan di atas dengan tempo bervariasi. Biasanya mulai dari tempo paling nyaman, kemudian bertahap naik. JANGAN asal menaikkan tempo. Selalu naikkan tempo jika sudah nyaman dengan tempo sebelumnya.
Jika pemanasan dilakukan bersama-sama, ditambah fokus untuk ngecek unisono (satu suara).
Semoga video berikut bisa menjadi referensi untuk teman-teman pembaca artikel saya.

(Read this article in English version)
Pemanasan di atas untuk 2 mallets.
Nah... selamat melakukan pemanasan bermain pit instrument

Tidak ada komentar:

Posting Komentar