Senin, 02 November 2015

belajar musik, belajar disiplin pribadi

Musik merupakan salah satu cabang seni. Banyak yang beranggapan belajar musik bisa dilakukan sambil bersenang - senang karena merasa seni adalah kebebasan. Hal itu adalah NOL besar. Karena belajar musik, belajar disiplin pribadi. Di mana displin menjadi kunci utama dalam belajar musik. mau tidak mau, suka tidak suka, belajar musik dituntut disiplin.
Bagaimana menerapkan disiplin dalam belajar musik? Semoga tips - tips berikut bisa membantu.
  • Sediakan dan patuhi waktu khusus
Setiap orang memiliki jatah waktu yang sama setiap harinya selama hidup, yaitu 24 jam. Setiap orang memiliki waktu luang yang sama jika mereka bisa mengaturnya. Namun kebanyakan orang menggunakan waktu luang hanya untuk kegiatan yang menurut pribadi masing-masing lebih penting. Termasuk belajar musik, maka perlu juga disediakan waktu khusus dan dipatuhi. Fokuslah pada waktu yang telah diset untuk belajar musik, ketika di luar waktu belajar musik, silakan fokus di hal lain saat itu dan bukan fokus di belajar musik. Di sinilah dispilin mulai diterapkan.


  • Kuasai satu hal sebelum menguasai hal lain
Beberapa orang bahkan kebanyakan, ingin mahir di segala hal. Dalam belajar musik, ingin mahir menguasai berbagai macam teori, mulai dari teori yang paling mudah hingga teori yang lebih tinggi aplikasinya. Hal ini manusiawi, namun pastinya akan menghambat proses belajar musik itu sendiri. Sebab, dalam belajar musik, materi teoir dasar harus dikuasai terlebih dahulu sebelum menuju materi lainnya. Oleh karena itu, belajarlah untuk fokus di satu hal sebelum belajar hal lain.
Bruce Lee pernah mengatakan, "Saya tidak takut dengan seorang yang menguasai 1000 jurus tapi hanya sekali berlatihnya, namun saya lebih takut dengan seorang yang menguasai 1 jurus tapi melatihnya 1000 kali".


  • "Rekam" hasil latihan sebagai "Progress Record"
Hari ini lebih baik dari hari kemarin adalah termasuk beruntung, hari ini sama dengan hari kemarin adalah kerugian, hari ini lebih buruk dari hari kemarin adalah celaka.
Evaluasi adalah hal yang bisa membuat kita bercermin supaya menjadi lebih baik di kemudian hari. Merekam proses latihan kemudian mengevaluasi adalah cara yang paling efektif. 



belajar musik, belajar disiplin pribadi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar